Tolong matikan adblock dan script blocker Anda untuk melihat halaman ini.

─̶─Jika ingin meng-COPY tolong sertakan sumber :D─̶─


Penerjemah : ID Qidian
Editor : D.Blank13th


Chapter 5

Buku: Mustahil Diperoleh


“Nah sekarang, yang terakhir dalam daftar adalah daging. Kita akan mendapatkan banyak daging, dan lalu kita perlu menggaraminya, atau mungkin mengasapinya ...“

Ibuku, selesai membeli buah dan sayuran, menuju pusat pasar. Di sana, sepertinya penjual daging berjejer di dinding luar.

“Kenapa kita membeli begitu banyak?” Tanyaku.

“Kita harus mempersiapkan musim dingin, tau?” Jawab ibuku. “Sekitar tahun ini, semua petani harus membawa ternak mereka untuk tahun ini. Apa pun yang tidak akan berhasil melewati musim dingin akan disembelih, jadi saat ini adalah saat daging paling banyak dijual. Hewan-hewan tersebut juga telah banyak makan untuk mempersiapkan musim dingin, jadi daging mereka sangat berlemak dan lezat.”

“...Umm, di musim dingin, apakah pasar juga pergi?”

“Tentu saja, tau? Tidak banyak sayuran yang dikumpulkan selama musim dingin, jadi pasarnya tidak terlalu sering dibuka.”

Sekarang aku memikirkannya, sudah jelas, tapi pikiran itu sama sekali tidak terpikirkan olehku. Di Jepang, sebelum budidaya rumah kaca menjadi biasa, sayuran dijual secara musiman, dan sebelum metode distribusi dikembangkan, semuanya tumbuh secara lokal. Kau bisa menyimpan makanan segar untuk jangka waktu yang lama dengan lemari es atau kulkas, tapi sebelum barang-barang itu ada, kau harus benar-benar menyimpan makanan di rumahmu.

“...Aku tidak pernah benar-benar mempersiapkan musim dingin,” gumamku.

“Apakah kamu mengatakan sesuatu?” Tanya ibuku.

“Nuh-uh.”

Menyiapkan makanan di rumah, ya... Dimana di apartemen mungil itu kita akan menyiapkan apapun? Ruang penyimpanan itu hampir tidak cukup besar, bukan? Ayolah, aku senang karena aku adalah seorang gadis kecil, aku sangat kecil sehingga aku hanya bisa menghalangi jika aku mencoba membantu, jadi aku tidak akan dimarahi saat aku tidak melakukannya. .

“...Erk, ini bau!”

“Itu bau daging!”

Bau busuk tumbuh tak tertahankan saat kita mendekati tukang jagal. Aku mencubit hidungku untuk menghentikan baunya, tapi ibuku terus berjalan ke depan, terlihat seperti ini adalah hal biasa.

Daging seharusnya berbau seperti ini? Ughhh, aku punya firasat buruk tentang ini...

Meskipun hidungku ditutup, udaranya sangat busuk sehingga rasanya membuat mataku berair saat akhirnya tiba di barisan toko tukang jagal. Di atas meja, selain bacon dan ham yang kuharapkan, kaki daging berbaris, masih melekat pada kaki dan dikenali sebagai bagian hewan. Di dalam toko, binatang mati, yang dikeringkan darahnya, berayun dari kasau. Kelinci dan burung berbaris rak, mata mereka terbuka lebar dan lidah mereka keluar dari mulut mereka.

“Gyaaaaaaah!!” teriakku.

“Ada apa, Maine?!”

Jujur saja, untuk orang sepertiku, yang hanya pernah melihat daging mentah setelah benar-benar dibongkar, dipotong menjadi potongan-potongan kecil, dan dimasukkan ke dalam kemasan, toko tukang daging di dunia ini sedikit terlalu merangsang. Semua rambut di tubuhku berdiri di ujung, air mata mengalir di wajahku, dan aku menutup mataku untuk menghalangi pemandangan mengerikan itu. Pandangan sekilas yang kutangkap, bagaimanapun, tetap terpaku pada pikiranku, dan tidak akan hilang tak peduli betapa aku ingin melupakannya.

“Maine? Maine?!”

Ibuku menggoyangkanku dari sisi ke sisi. Pada saat itu, babi itu menjerit saat penyembelihannya dimulai, dan mataku terbuka. Orang-orang yang tersenyum telah berkumpul mengelilingiku, melihat dan menunggu dengan penuh semangat saat binatang dibunuh tepat di depan mereka.

Mengapa kalian terlihat seperti ini menyenangkan, orang-orang? Kenapa kamu tersenyum begitu banyak?! Hentikan! Hentikan hentikan! Ini sangat mengerikan!!

“Urkh......”

Babi itu menjerit untuk terakhir kalinya karena pisau itu menusuk. Tangisan kecilku sendiri bergabung dengannya, dan aku pingsan di tempat.





Sesuatu dituangkan ke dalam mulutku. Ini adalah cairan yang keras, tajam, sangat merangsang yang berbau seperti alkohol kuat. Karena aku belum cukup bangun untuk meminumnya dengan benar, ia langsung mengalir ke tenggorokanku. Aku melompat berdiri, mataku terbuka lebar, dan mulai batuk-batuk.

Uhuk! Uhuk! Uhuk!

Apakah ini alkohol beneran?! Orang idiot yang luar biasa itu berani memaksa roh yang kuat ke tenggorokan anak muda yang tak berdaya dan tak berdosa ini?! Apa yang akan kau lakukan jika aku keracunan alkohol?

Ibuku ada di sebelahku sambil memegang sebotol alkohol.

“Maine, apakah kamu sudah bangun? Ahh, syukurlah, aku sangat senang bisa membangunkanmu.”

Uhuk! ...Mama?! “

Dengan desahan lega, ibuku memelukku erat-erat. Aku mungkin tidak pandai menuangkan kata-kata saat ini, tapi sekarang aku bisa berbicara dalam pikiranku, kan?

Jangan mendorong alkohol yang kuat ke tenggorokan anak kecil!! Dan terutama jangan lakukan kepada anak yang tidak hanya memiliki kondisi tubuh yang lemah, tapi juga yang akhirnya baru pulih dari demam yang begitu tinggi sehingga kau pikir dia akan mati!! Apakah kamu mencoba membunuhku?! Apakah kamu idiot?! Apakah kamu ingin aku mati?

“Baiklah kalau begitu, Maine. Karena kamu sudah bangun, ayo kita kembali dan dapatkan daging itu.”

“Apa?!”

Riak gemetar menembus tubuhku. Tontonan yang mengerikan itu telah menyengat ke dalam ingatanku. Ini terkilas di depan mataku seperti lamunan, dan ingatan tentang itu memberiku rasa merinding. Aku tidak ingin kembali ke sana. Wanita ini, dia menggunakan alkohol yang kuat untuk menyadarkan seorang gadis kecil, dan sekarang dia membawa gadis yang baru saja pingsan karena melihat tukang jagal dan menarik dia kembali ke tukang jagal... mungkinkah dia orang brutal?

“...Ummm, aku masih belum merasa baikan,” kataku. “Aku akan tinggal di sini Mama, belanja saja!”

“Eh? Tapi...”

Aku memberi ibu pandangan ragu-ragu, lalu berputar di tempat untuk menghadap wanita yang berjualan. Aku perlu mengamankan posisiku sebelum dia menyeretku pergi.

“Permisi, tapi bisakah anda membiarkan aku menunggu di sini?” Kataku ke toko itu. “Aku tidak akan merepotkan, aku hanya duduk di sini.”

“Oh, kamu sangat pintar untuk seorang gadis kecil,” dia menjawab, dengan tawa kering dan berderak. “Ibumu baru saja membeli minuman keras, jadi aku akan membiarkan kamu tinggal sebentar. Akan sangat mengerikan jika aku menendang keluar seorang gadis kecil yang tidak enak badan dan dia mengalami kecelakaan lain, bukan? Belanjalah dengan tenang, Nyonya, saya akan mengawasinya untuk anda.”

Tampaknya wanita ini adalah pemilik warung minuman keras ini, dari tempat dimana ibuku baru saja membeli alkohol yang digunakannya untuk menyadarkan diriku. Orang tua dari toko umum di sebelah tampaknya juga menaruh kasihan padaku, dan dia melambaikan tangan padaku.

“Kemarilah dan tunggu di sini, nona, dengan begitu tidak ada yang akan datang dan mencoba untuk menculikmu...”

Dia mengajakku ke tempat di belakang dan di antara dua toko dan membantuku duduk. Rasanya minuman keras yang dituangkan ke tenggorokanku berputar-putar di dalam tubuhku. Saat ini, bergerak terlalu banyak akan berbahaya. Jika, misalnya, aku harus ambruk karena keracunan alkohol akut, tidak ada orang lain yang bisa mengetahui penyebabnya.

Sambil duduk, aku dengan malas melihat isi dua toko. Tempat minuman keras tampaknya telah menerima kiriman sari buah baru, tepat pada waktunya untuk musim yang paling populer, dan pelanggan datang satu demi satu untuk membeli tong kecil itu. Toko umum, di sisi lain, tidak memiliki hampir banyak pelanggan.

Apa sih yang toko umum jual di dunia ini?

Aku melihat-lihat berbagai barang yang berjejer untuk dijual, tapi untuk sebagian besar aku tidak tahu apa yang aku lihat.

“Tuan, apa ini?” Tanyaku, menunjuk salah satu benda acak di rak terdekat.

“Oh, apakah kamu belum pernah menggunakan salah satu dari ini sebelumnya, nona kecil? Inilah yang kamu gunakan saat kamu menenun kain. Oh, dan yang ini digunakan untuk berburu.”

Karena saat ini dia tidak memiliki pelanggan, orang tua itu dengan senang hati menjelaskan apa yang masing-masing benda lakukan saat aku menunjukkannya secara berturut-turut. Ada banyak hal di sini yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari di sekitar sini yang aku tidak tahu. Aku menggali kenangan Maine, tapi dia juga tidak begitu tertarik pada hal-hal ini atau dia tidak pernah benar-benar mempelajarinya.

Saat melihat-lihat barang-barang yang tergeletak di rak dengan kagum, aku melihat ada sesuatu di ujung. Mungkin hanya satu jilid saja, tapi aku pasti melihat tulang belakang dari suatu buku sangat besar. Jenis pengikatan yang biasanya kulihat di balik kotak kaca di perpustakaan, dengan penutup kulit dan tutup emas halus di setiap sudutnya. Ini sangat besar sehingga kurasa aku tidak dapat menahannya lagi.

...Itu buku! Itu, jangan bilang, itu buku, kan?!

Begitu aku melihat tulang belakang buku itu, warna kembali ke duniaku. Awan tebal yang terbebani di benakku langsung terangkat, dan semangatku sangat cerah dalam sekejap.

“T...tuan!! Apa ini?! Ini disebut apa?!”

“Ahh, itu buku!”

Yaaaaa! Akhirnya aku menemukannya! Buku, mereka ada! Mungkin hanya satu saja, tapi ada!

Buku ini telah menyingkirkan rasa depresiku yang masih ada sejak dilahirkan kembali ke dunia tanpa buku. Aku gemetar karena emosi saat memandangi tulang punggungnya. Terlalu berat bagiku untuk bergerak, jadi itu hanya hiasan saja. Dari kelihatannya, tidak mungkin itu tidak mahal, dan tidak mungkin aku bisa membuat ibuku membelinya untukku, tidak peduli berapa banyak aku mengganggu dia tentang hal itu. Namun, jika buku seperti ini ada, maka harus ada buku yang lebih kecil dan mudah dibawa ke luar sana juga. Aku berputar untuk menghadapi pria tua itu, matanya lebar karena lapar mentah.

“Hei, tuan, dimana aku bisa menemukan toko yang menjual buku?”

“Toko untuk buku? Tidak ada toko seperti itu.” Dia memberiku pandangan apa-apa-yang-anak-ini-bicarakan, dan kegembiraanku turun beberapa derajat. Ada buku, jadi mengapa tidak ada toko buku?

“...Hah? Mengapa? Anda menjual satu di sini.”

“Buku hanya dibuat saat orang menuliskan mereka dari karya asli penulis, jadi mereka terlalu langka dan berharga untuk dijual di pasaran. Bahkan yang satu ini tidak benar-benar dijual, tapi itu dijadikan jaminan bagi seseorang di kalangan aristokrasi. Nah, jika dia tidak segera kembali, kurasa aku harus menjualnya, tapi pembelinya mungkin adalah aristokrat lain.”

Bangsawan!! Jika aku benar-benar mengikuti metafora terlahir kembali ke semesta paralel, saya pasti dilahirkan ke bangsawan! Aku akan bisa membaca! Mengapa saya hanya orang biasa?!

Pikiran untuk menghancurkan bangsawan melintas dalam pikiranku. Mereka dikelilingi oleh buku sejak mereka lahir. Apa yang telah mereka lakukan untuk mendapatkan berkah seperti itu?

“Nona kecil, apakah ini buku pertama yang pernah kamu lihat?”

Aku mengalihkan pandangan dari buku itu, mengangguk dengan penuh semangat untuk membalas pertanyaan orang tua itu. Ya, ini adalah buku pertama yang pernah kulihat di dunia ini. Selain itu, biasanya tidak dijual, dan tidak ada toko buku, dan ada kemungkinannya sangat tinggi kalau pertemuan kebetulan semacam ini mungkin tidak akan pernah terjadi lagi. ... dan, jadi!!

“T... tuan!! Tolong, dengarkan aku!”

Dengan kepalan tanganku erat-erat, aku berdiri tegak, lalu jatuh berlutut di depan penjaga toko. “Sekarang apa lagi?” Katanya dengan mata terbelalak saat aku berlutut di depannya.

Ini bukan hanya keinginan yang sia-sia. Yang perlu kutunjukkan kepada orang ini adalah bahwa inilah fondasi di lubuk hatiku, dan demonstrasi yang paling tulus di dunia adalah mengemis di tangan dan lututmu. Aku menundukkan kepala dengan tajam, dan melakukan yang terbaik untuk menjelaskan perasaanku sejelas dan sejujur ​​mungkin.

“Mungkin sudah jelas kalau aku tidak dapat membeli buku itu, tapi setidaknya, biarkan aku menyentuhnya! Biarkan aku menggosok wajahku pada buku itu! Paling tidak, biarkan aku mengendusnya, biarkan aku bernapas dengan aroma tinta! Hanya itu akan cukup!!”

... Keheningan yang memenuhi udara setelah permintaan tulusku yang hampir menyakitkan untuk ditanggung, namun pemilik toko tidak memberi jawaban. Dengan hati-hati, aku mengangkat kepalaku untuk menatapnya. Entah kenapa, dia terlihat seperti menelan serangga, atau mungkin dia melihat beberapa orang sesat yang luar biasa menjijikkan. Terkejut dan jijik melintas di wajahnya saat dia menatapku.

Hah? Apakah ketulusanku gagal bersinar?

“Aku... tidak tahu apakah aku benar-benar mengerti maksudmu, tapi... kupikir mungkin berbahaya bagiku untuk membiarkanmu menyentuh itu. “

“T... tapi?!”

Aku mulai mengulangi permintaanku yang penuh gairah, tapi waktuku tampaknya habis.

“Maine, aku sudah selesai!” Kata ibuku. “Ayo pulang.”

“Mama...”

Air mata mulai jatuh dari mataku begitu kudengar suaranya. Buku itu ada di sana, tapi aku tidak akan pernah menyentuhnya. Aku tidak akan pernah menciumnya.

“Ada apa, Maine?” Dia bertanya kepadaku, prihatin. Tatapan berbahaya terkilas di wajahnya, dan dia berbalik untuk menghadap penjaga toko. “Apa yang kamu lakukan padanya?”

Aku melompat di antara mereka dan menggelengkan kepala dengan penuh semangat. “N ... tidak ada! Tidak ada!” Jika aku tidak segera menghapus kesalahpahaman ini, maka aku akan menumpahkan lebih banyak masalah pada orang tua baik ini yang membiarkanku berlindung di tokonya dan mengajariku tentang buku. Itu bukan cara untuk membalasnya.

“Aku merasa tidak enak. Mama, apa yang mama beri untuk kuminum? Aku sudah merasa sangat aneh sejak terbangun.”

“......Ahhh, mungkin minuman keras yang ibu gunakan untuk membangunkanmu ini agak terlalu efektif. Mari kita mengantarmu pulang, membawakanmu air, dan memberimu tempat yang sepi untuk beristirahat. Kamu akan baik-baik saja.”

Ibuku mengangguk dalam pengertian, tapi sepertinya dia sama sekali tidak memikirkan apakah ide buruk untuk memberi alkohol kepada anak-anak. Dia meraih tanganku, dan menarikku kembali ke rumah. Aku melihat ke belakangku saat aku berjalan pergi, dan tersenyum senyum terbesarku pada dua pemilik toko.

“Terima kasih sudah mengizinkanku duduk!”

Aku tidak membungkuk, seperti kebiasaanku, tapi bukan karena aku terganggu secara emosional. Sebaliknya, aku tidak ingat benar-benar melihat ada yang membungkukkan kepala mereka, jadi kurasa itu bukan kebiasaan di sini. Untuk saat ini, aku akan terus tersenyum. Senyum yang besar sangat diperlukan saat berhadapan dengan orang lain, dan dari cara mereka tersenyum dan melambai ke belakang, sepertinya dugaanku benar.

“Maine, apakah kamu masih merasa tidak enak badan?” Tanya ibuku.

“... Ya.”

Kami tidak banyak bicara saat kami berjalan pulang, bergandengan tangan. Aku melihat toko-toko di sepanjang rute rumah kami, dan tentu saja tidak ada toko buku. Tujuanku hari ini untuk memaksa ibu membelikanku buku anak-anak untukku dan mungkin belajar beberapa kata telah berakhir dengan kegagalan total. Meskipun kota ini adalah rumah bagi penguasa tanah, meskipun kita dikelilingi oleh dinding spektakuler seperti itu, tidak ada toko buku di sini. Jika buku benar-benar tidak dijual, bahkan di sini, maka mungkin tidak ada toko buku di manapun di dunia ini.

Aku dalam keputusasaan. Aku tidak pernah berpikir bahwa Tuhan bisa begitu kejam untuk memaksaku, Urano Motosu, penggila buku yang bisa pergi satu atau dua hari tanpa makan selama dia membaca buku, untuk menjalani hidup tanpa buku.

Paling tidak, kenapa aku tidak terlahir sebagai bangsawan... Hiks! Untuk mereinkarnasikanku sebagai orang miskin... Tuhan... apa yang sudah kulakukan untuk mendapatkan kebencian ini?

Bahkan jika aku mengatakan bahwa aku ingin orang tuaku menjadi bangsawan sehingga mereka bisa membelikanku buku, itu hanya fantasi kekanak-kanakan. Aku tidak akan pernah mengatakan kalau aku tidak ingin dilahirkan ke dalam keluarga ini. Sungguh, aku ingin menjadi seorang bangsawan. Jika aku tidak bisa menjadi seorang bangsawan, aku setidaknya menginginkan cukup uang untuk bisa membeli semua buku dari harta bangsawan yang tercela.

Aku mungkin terjebak dalam lingkungan yang mengerikan ini, tapi aku tahu pasti bahwa tidak peduli seberapa keras aku menangis, itu tidak akan membuatku mendapatkan sebuah buku. Jika tidak ada toko buku, aku tidak bisa membeli buku.

Jadi, bagaimana aku bisa mendapatkannya?

Aku hanya harus membuat mereka sendiri, bukan?

Sungguh, yang sebenarnya kuinginkan adalah buku dari dunia ini, tapi itu adalah kemewahan yang tidak masuk akal. Untuk memenuhi keinginanku yang paling mendesak, aku harus menunda belajar membaca bahasa di sini. Sebagai gantinya, aku akan membuat buku berbahasa Jepang, yang sudah kuketahui.

Aku belum tahu bagaimana akan melakukan semua itu, tapi itu tidak masalah sekarang. Aku pasti akan mendapatkan sebuah buku!

─̶─Chapter 5 END─̶─


Prev | ToC | Next