Tolong matikan adblock dan script blocker Anda untuk melihat halaman ini.

─̶─Jika ingin meng-COPY tolong sertakan sumber :D─̶─


Penerjemah : ID Qidian
Editor : D.Blank13th


Chapter 6

Selingan: Adikku Jadi Aneh


Namaku Tory. Aku berumur enam tahun. Aku memiliki seorang adik perempuan, Maine. Dia berumur lima tahun.

Maine memiliki rambut biru gelap yang lurus, seperti warna langit malam, dan mata emas yang bersinar seperti rembulan. Kupikir dia benar-benar menggemaskan, tapi aku adalah kakak perempuannya.

Dia selalu sakit dan selalu demam, sehingga dia tidak banyak makan, jadi dia belum tumbuh besar. Dia juga tidak bisa keluar terlalu banyak, sehingga kulitnya putih pucat. Dia benar-benar menggemaskan, tapi aku tidak bisa bermain banyak dengannya, yang sedikit mengecewakan. Anak-anak yang lain bisa bermain dengan saudara laki-laki dan perempuan mereka, dan aku agak cemburu.

Suatu hari, Maine mengalami demam yang sangat buruk. Sangat buruk sampai-sampai kami  sekeluarga khawatir, bertanya-tanya apakah dia akan hidup atau mati. Selama tiga hari, dia tidak makan apa-apa, dan dia bahkan menjadi sangat lemah sehingga dia tidak bisa minum air.

Demam mungkin membuatnya kepalanya sedikit aneh.

Saat dia sakit, dia mulai menggunakan kata-kata yang tidak kumengerti dan tiba-tiba sangat marah. Dia biasanya selalu melakukan apa yang diperintahkan kepadanya, tapi ketika aku pergi mencuci piring, dia menyelinap turun dari tempat tidur dan aku menemukannya menangis dan aku tidak tahu alasannya. Dia menghabiskan sepanjang hari sambil menangis ...

Kurasa mungkin Maine masih menderita karena demamnya, tapi saat demamnya turun, dia menjadi lebih aneh.

Serius, dia mulai mengatakan kalau tubuhnya terasa kotor dan dia ingin menyeka dirinya sendiri. Saat kita merebus air untuk memasak makanan kita, dia bertanya apakah dia bisa memakai air hangat untuk mandi. Setiap hari!

Setiap hari, dia membasahi kain dan menyeka tubuhnya. “Bantu aku dengan bagian-bagian yang tidak bisa aku raih,” katanya, jadi aku membantunya. Pada hari pertama, air mandi menjadi sangat kotor, tapi di hari ketiga, airnya masih cukup bersih.

“Kamu tidak benar-benar kotor, jadi bukannya mandi itu buang-buang air?” tanyaku, tapi dia hanya berkata, “Ini tidak sia-sia, aku ini kotor!”

Setiap hari, dia terobsesi untuk memastikan dia memandikan dirinya sendiri. Sebelum aku mengetahuinya, salah satu sudut kamar tidur telah berubah menjadi tempat mandi.

Kemudian, untuk beberapa alasan, dia memutuskan kalau aku harus mulai mandi juga saat aku membantunya. “Tentu, mengapa tidak,” kataku, dan mulai menggosok wajahku. “Kamu sering pergi ke luar,” katanya, “jadi kamu pasti lebih kotor dariku.”

Ketika aku mandi, air yang tadinya Maine gunakan bersih menjadi sangat kotor dan berlumpur. Ketika aku menatap semua kotoran yang ada pada diriku, aku mulai merasa sedikit jijik. Maine, entah kenapa, senang. “Kalau digunakan kita berdua, ini tidak sia-sia kan?” Katanya.

Apa yang dibutuhkan untuk membuatnya sadar kalai ini benar-benar pemborosan? Aku harus membawa semua air itu dari sumur, dan ini sangat sulit! Apa dia tidak tahu itu?

Setelah itu, dia tiba-tiba mulai mengikat rambutnya. Rambutnya benar-benar lurus, jadi tidak peduli seberapa ketat kami mengikatnya kembali, rambutnya lepas sendiri dan segera turun, jadi kami belum benar-benar mengikatnya. Setelah mencoba dan gagal mengikatnya kembali beberapa kali, Maine mulai merajuk. Tiba-tiba, dia bangkit dan mulai mencari-cari di keranjang mainan kami. Dia mengeluarkan sebuah boneka yang telah dipangkas Ayah dari kayu dan Mama telah membuatkan pakaiannya untuk...milikku yang paling berharga!

“Tory, boleh aku melepas ini?” tanya dirinya.

“Itu kaki bonekaku! Maine, itu mengerikan!!”

Sangat mengerikan karena adik perempuanku bisa dengan tenang meminta untuk melepaskan kaki bonekaku. Itu terlalu kejam. Saat aku marah, dia menundukkan kepalanya dan bergumam “maaf”. Sambil menghela nafas, dia mengusap rambutnya, mendorong poninya kembali. Melihat anak berusia lima tahun melakukan sesuatu yang sangat sensual membuat napasku berhenti sejenak.

“Tory, kalo aku menginginkan tongkat seperti ini, apa yang harus kulakukan?”

Yang benar-benar diinginkan Maine bukanlah kaki bonekaku, melainkan sebuah batang kayu. Jadi, aku mendapat tongkat dari tumpukan kayu bakar. Daripada membiarkan dia menghancurkan bonekaku, aku menggunakan pisau untuk memotong tongkat itu menjadi batang kecil. Dia memiliki banyak permintaan, seperti “buat bagian ini sedikit lebih tipis” atau “bisa kamu membulatkan ujungnya untuk membuatnya kurang tajam”, tapi pada akhirnya dia merasa puas.

“Makasih, Tory!”

Dengan senyum lebar, Maine mengambil tongkat itu dariku, lalu tiba-tiba menusukkannya ke kepalanya sendiri.

“Maine?!” teriakku, kaget.

Maine mulai memutar tongkatnya, yang sebenarnya dia tempelkan di rambutnya, mengaitkan rambutnya erat-erat di sekelilingnya. Entah bagaimana, dia meletakkan semua rambutnya, hanya dengan satu batang kecil itu. Aku terkejut betapa kuatnya rambutnya diam di tempat. Itu seperti sihir yang digunakan bangsawan! Namun, gaya rambutnya terlihat sangat dewasa.

“Maine,” kataku, “kamu tidak bisa meletakkan semua rambutmu ke atas! Hanya orang dewasa yang melakukannya.”

“...Oh, benarkah?”

Dengan mata lebar, seperti dia benar-benar tidak tahu, dia meraih dan menarik batang keluar dari rambutnya. Segera, rambutnya terlepas dan terjatuh di bahunya. Kemudian, dia meraih bagian rambutnya yang paling atas, dan membungkusnya seperti sebelumnya.

“Apa begini boleh?” dia bertanya.

“Kurasa begitu, ya!”

Setelah itu, Maine mulai selalu mengikat rambutnya seperti itu. Dia terlihat seperti memiliki tongkat di kepalanya jika kamu melihatnya dari depan, tapi sepertinya dia senang dengan itu.

Beberapa saat kemudian, Mama bisa libur kerja, dan akhirnya aku bisa pergi ke hutan bersama temanku. Aku mengumpulkan banyak kayu bakar, dan juga bisa menemukan banyak jamur hutan, serta beberapa tanaman herbal yang bisa kita gunakan untuk musim daging. Kita harus bersiap untuk musim dingin, jadi semua anak bekerja keras untuk mengumpulkan banyak hal.

“Aku pulang,” kataku, saat aku berjalan melewati pintu. “Selamat datang kembali, Tory,” jawab Mama.

“Apa yang kamu dapatkan? Tunjukkan padaku, tunjukkan padaku!” Kata Maine, menggali keranjangku seperti ini adalah hal yang langka dan tidak biasa. Aku melakukan ini beberapa hari yang lalu, tapi Maine...ya, ketika aku memikirkannya, belakangan ini Maine menjadi aneh.

“Aha, ini! Boleh aku meminta ini!”

Dengan mata yang berkilau, dia mengeluarkan buah melia dari keranjangku. Maine tidak sering meminta barang, jadi kupikir tidak apa-apa untuk memberinya dua buah.

“Makasih, Tory!” katanya, berseri-seri seperti malaikat. Dia lari ke ruang penyimpanan, lalu keluar lagi, terlihat seperti semua yang ada di dunia ini benar-benar sempurna.

“Maine, kenapa k...”

Begitu aku mulai berbicara, Maine tiba-tiba mengayunkan palu dan, dengan bunyi gedebuk, menghancurkan melia. Buah melianya terbelah, dan jus di dalamnya berceceran ke seluruh wajahku.

“......“

“......”

Kalau kamu menghancurkannya dengan palu, tentu saja jusnya akan tercecer di mana-mana, tau? Tentunya kamu tahu itu tanpa harus memikirkannya, kan?

“Jadi, Maine. Apa yang kamu lakukan?” Aku bertanya, mencoba tersenyum sambil menyeka jus yang tercecer dari wajahku. Dengan suara aneh “whee!”, Dia melompat dengan sebuah permulaan.

“...Ummm, jadi, ya. Aku menginginkan minyak,” katanya, dengan ekspresi wajah seperti oh-tidak-sekarang-aku-sudah-melakukannya. Dia menatapku, seolah meminta pertolongan. Ini jelas wajah seorang gadis yang sama sekali tidak menyadari kalau menghancurkan sesuatu dengan palu akan mengirim potongannya terbang ke mana-mana.

“Kalo kamu menginginkan minyak, kamu tahu ada cara yang lebih baik untuk membuatnya, bukan?! Apa yang kamu lakukan?!”

“Oh, aku mengerti...” katanya dengan sedih.

Apa dia baik-baik saja? Apakah dia benar-benar tidak ingat saat kita menekan minyak vais bersama? Oh tidak, mungkin dia demam terlalu lama dan kepalanya menjadi aneh! ...Aku harus bertanya pada Mama tentang ini, bukan?

Setelah itu, saat kami di tengah pembersihan, Mama masuk kembali, membawa air dari sumur untuk makan malam kami. Tentu saja, dia marah. Ini semua adalah kesalahan Maine, tapi dia marah pada kami berdua, karena aku bukan kakak yang sangat baik. Saat itu, Maine sama sekali tidak menggemaskan.

“Tory, Tory,” dia bertanya, “Bagaimana caranya membuat minyak? Ajari aku?”

Karena Mama sangat gusar, Maine dengan sembunyi-sembunyi menghampiriku untuk bertanya padaku. Penyelinapannya benar-benar terlihat. Lihat, Mama memperhatikan kita sekarang.

“Mama,” aku bertanya, “Boleh aku mengajari Maine?”
Mama menghela napas. “Jika kita tidak mengajarinya, mungkin dia akan melakukan sesuatu yang mengerikan seperti ini lagi.” Dia menunjuk ke ruang penyimpanan. “Tolong, tunjukkan padanya bagaimana cara melakukannya.”

Semua alat yang kita butuhkan untuk membuat minyak ada di ruang penyimpanan, jadi aku mengambil kain dan membawa Maine ke sana bersamaku.

“...Meja kayu seperti yang ada di dapur hanya akan menyerap minyak dan cairan, jadi kita tidak bisa menggunakan yang itu. Meja logam seperti di sini lebih baik. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah merentangkan kain di atas meja. Kemudian, kita perlu membungkus buah dengan kain seperti ini sehingga potongannya tidak terbang kemana-mana.”

Buah Melia bisa dimakan, jadi kita biasanya mengeluarkan minyak dari biji setelah kita selesai memakannya. Maine, enath kenapa, sangat bersikeras bahwa ada minyak juga didalam buah itu.

Dia membawa palu itu dengan gembira, berulang-ulang, tapi bidikannya tidak begitu bagus, dia tidak terlalu kuat, dan postur tubuhnya salah. Dia menghancurkan buah itu dengan cukup baik, tapi dia tidak bisa menghancurkan bijinya. Untuk memperburuk keadaan, ketika kita berhasil menghancurkan benih, kita perlu memeras kain itu, dan Maine tidak memiliki cukup kekuatan untuk melakukan itu.

“Maine, itu tidak berhasil. Kamu tidak menghancurkan bijinya, tau?”

“Ooh......Toooryyyyy...”

Dia menatapku dengan ekspresi menyedihkan sehingga aku memutuskan untuk membantu. Aku mengambil palu darinya, tapi ini sangat lengket dan licin dengan jus dan hampir tergelincir dari tanganku. Sambil menghela nafas, aku mengelap pegangannya, dan mencengkeramnya erat-erat.

“Beginilah cara kita melakukannya...”

Jika Ayah melakukan ini, dia tidak akan menggunakan palu. Dia akan mendapatkan sesuatu yang sangat berat untuk diletakkan di atasnya dan menekan minyaknya keluar tanpa melakukan banyak pekerjaan. Anak laki-laki diharapkan melakukan pekerjaan manual saat mereka dewasa, sehingga mereka bisa mengangkat beban berat seperti itu. Tapi aku tidak bisa, jadi aku harus menghancurkan bijinya satu per satu dengan palu.

“Dan sekarang, kita meremas kainnya...”

“Wah! Tory, kamu luar biasa!”

Minyak menetes ke piring kecil saat aku meremas kainnya. Saat Maine melihat, tampilan sukacita murni di wajahnya sangat menggemaskan. Namun tanganku sangat sakit.

“Makasih, Tory!” katanya.

“Hei, jangan lari, bantu aku bersih-bersih!”

Maine tampak bingung, sepertinya dia tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk membantu, jadi aku membantu menunjukkan kepadanya bagaimana cara membersihkan semua alat yang kami gunakan.

Maine memiliki keadaan tubuh yang lemah dan jauh lebih pendek dari pada anak-anak lain seusianya, jadi mudah untuk melupakan bahwa dia sudah berusia lima tahun. Ketika dia berusia tujuh tahun, dia akan dibaptis di kuil, dan dia harus mencari tempat untuk memulai magang.

Tidak hanya itu, tapi tahun depan aku akan berusia tujuh tahun. Aku akan memulai magangku, jadi Maine harus bisa melakukan separuh pekerjaan rumah pada saat itu. Dia bahkan tidak tahu dimana alat itu berada atau bagaimana cara membersihkannya sekarang, jadi aku tidak tahu apakah dia akan baik-baik saja.

Kita akan mengawasi kesehatannya, tapi kita harus secara bertahap mulai membuat dia mengerjakan pekerjaan rumah. Jika tidak, Maine yang sekarang tidak benar-benar bisa menemukan pekerjaan. Mama harus berhenti memanjakannya, dan aku, kakak perempuannya, harus mengajari dia segala hal yang perlu diketahuinya.

“Tory,” kata Maine, “Boleh aku meminta beberapa herbal juga?”

“Sedikit saja?”

“Ya!”

Dengan wajah serius, Maine membawa herbal yang diambilnya dari keranjangku, mengendus mereka masing-masing dan menambahkan beberapa di antaranya ke minyaknya. Dia mungkin mencoba mengubah aroma itu, tapi beberapa ramuan yang dia gunakan digunakan untuk mencegah serangga, dan mereka akan membuatnya terlalu bau untuk dimakan.

Whoa... aku tidak harusnya tidak memasukkan ini ke makanan kita sebelum selesai?

Aku dengan segera mencoba menambahkan minyak melia ke dalam pot, tapi Maine mencegahku dengan ekspresi panik.

“Tory, tidak! Apa yang kamu lakukan?!”

“Jika kita tidak memakannya segera,” kataku, “kita sama sekali tidak bisa menggunakannya! Herbal ini akan mengubah rasa begitu banyak sehingga kita tidak akan bisa memakannya, tau?”

“Tidak, jangan memakannya!”

Tidak peduli apa yang kukatakan, Maine terus menggelengkan kepalanya dan mencoba menyembunyikan mangkuk minyaknya. Akhirnya, Mama cukup terganggu sehingga dia melihat ke arah apa yang sedang kami lakukan, dan dia mulai marah juga.

“Maine!” teriaknya. “Itu adalah benda yang Tory kumpulkan! Jangan egois!”

“Aku tidak egois! Tory memberikan ini padaku!”

Tidak peduli betapa marahnya Mama, Maine masih tidak mau mendengarkan. Bahkan ketika kita berdua tidak bisa membuat dia berubah pikiran, akhirnya kami menyerah, dan Maine pergi untuk membasuh dirinya seperti biasa.

Kemudian, dia tiba-tiba membuang kira-kira setengah dari minyak ke air mandinya dan mulai mencampurnya! Sekarang kita benar-benar tidak bisa memakannya. Dan aku juga sangat kesulitan untuk menemukan mereka!

“Maine! Apa yang kamu lakukan!” “Eh? Aku sedang mandi, kau tahu?”

Aku tidak mengerti apa yang sedang dilakukan Maine, bahkan ketika dia mencoba memberi tahuku. Akhir-akhir ini, hal ini telah terjadi lagi dan lagi. Saat aku melihat, tercengang, Maine membasahi rambutnya di ember dan mulai mencucinya. Dia memercikkan bagian yang berendam di air sekitar, lalu mulai berulang kali menggosok bagian atas kepalanya. Ketika dia tampak puas, dia dengan ketat meremas semua kelebihan air dari rambutnya, lalu menggunakan kain untuk mengeringkannya. Setelah selesai, dia menyisirnya lurus-lurus.

Rambutnya yang biru tua tiba-tiba jadi lebih halus dan seperti sutra sehingga rambutnya berseri secara positif.

“...Apa...ini?” aku bertanya.

“Ummm, sampo sederhana 2-in-1” (TL Note: Referensi iklan jadul 2-in-1 shampoo.)

“Hah?”

“Apa kamu ingin menggunakannya, Tory? Jika kita berdua menggunakannya, itu tidak akan sia-sia!”

Setelah tiba-tiba melihat betapa cantiknya Maine, aku agak ingin mencobanya. Aku ingin mencoba menjadi secantik itu.

Namun, aku sangat marah padanya beberapa saat yang lalu sehingga aku merasa canggung menggunakannya. Padahal, ketika Maine mengingatkanku bahwa akulah yang menemukan melia dan menekannya untuk minyak, kecanggungannya menghilang.

Bila kamu memikirkannya seperti itu, bukankah aku melakukan semua pekerjaan persiapan secara keseluruhan?

Ragu-ragu, aku melepas kepanganku, lalu menurunkan rambutku ke dalam ember dan mencucinya seperti yang telah dilakukan Maine. Maine juga membantu, dan tangan mungilnya membantu mencuci bagian yang aku lewatkan.

“Kupikir sudah bagus sekarang?”

Setelah mengeringkannya dan menyisirnya, rambutku mengilap sama seperti rambut Maine. Meski rambutku selalu benar-benar keriting dan ikal dan tidak mungkin disisir, sekarang rambutku lembut dan bergelombang. Ini hampir seperti sihir.

“Kamu sangat cantik!” kata Maine. “Tory, kamu berbau enak.”

Sepertinya dia senang, karena alasan tertentu, saat dia menyisir rambutku. Aku senang karena aku menjadi begitu cantik... tapi, bagaimana Maine bisa belajar melakukan ini?

Maine benar-benar menjadi aneh. Jika dia menjadi aneh seperti ini setiap kali dia demam ... itu adalah pikiran yang mengerikan.

...Meskipun, ketika Mama ketakutan saat melihat kami ketika kami membersihkan ember Maine, aku mulai bertanya-tanya apa yang akan terjadi pada Maine berikutnya. Aku mungkin berharap untuk itu, hanya sedikit.

─̶─Chapter 6 END─̶─


Prev | ToC | Next