Tolong matikan adblock dan script blocker Anda untuk melihat halaman ini.

─̶─Jika ingin meng-COPY tolong sertakan sumber :D─̶─


Penerjemah : ID Qidian
Editor : D.Blank13th


Chapter 4

Alat Bertani Besi


Akhirnya, perkenalan diri selesai.



Meskipun semuanya ditinggalkan dalam berbagai cara, tapi yang pastinya adalah mereka ditinggalkan oleh orang tua mereka.



Mereka datang dari berbagai tempat.

Dan sepertinya baru beberapa hari yang lalu mereka mulai berteman. Jadi aku masih memiliki kesempatan untuk akrab dengan mereka. Itu sangat melegakan.



Rasio jenis kelamin di sini adalah fifty-fifty.

Biasanya, anak perempuan lebih diutamakan, tapi entah bagaimana hal itu tidak diikuti karena rasionya fifty-fifty.

Meski begitu, tidak masalah sekarang.



Untuk saat ini, aku hanya memperkenalkan lima orang yang paling penting.



Ron-kun. 12 tahun. Yang tertua di antara mereka. Lebih tinggi dari pada aku yang sekarang. Dia sedikit emosian, tapi dia punya rasa tanggung jawab.



Soyon-chan. 12 tahun. Lahir dari desa yang sama dengan Ron-kun. Sangat imut. Mungkin akan menjadi istri Ron-kun di masa depan. Selalu berbicara dengan hormat kepadaku.

Ron memiliki kegunaannya, tapi dia memiliki pendirian terbesar di antara anak-anak. Aku merasa kesepian dengan seberapa dekat mereka sebenarnya.



Roswald-kun. berumur 11 tahun. Dia adalah orang nomor dua sampai aku datang. Dia lebih congkak dari pada Ron-kun. Dia tidak benar-benar memikirkanku.



Tetra-chan. 10 tahun. Pendiam. Pada dasarnya tidak berbicara.



Gram-kun. 10 tahun. Kecil dan malu-malu



Kelima orang ini adalah tokoh sentral grup ini.



“Tetap saja, aku tidak dapat memikirkan hal lain selain bekerja di pertanian.”

Aku berbicara di depan kelima orang ini tentang rencanaku.

Terus terang, tidak ada artinya untuk menanyakan pendapat seorang anak, akan lebih baik memulai sendiri tanpa mempertimbangkan pendapat mereka.

Aku hanya orang asing yang bertindak sesuai arus.

Tetap saja, menolak mereka hanya karena mereka 10 tahun lebih muda dariku itu tidak mungkin.



“Tapi kau tahu, bukankah bekerja di lapangan itu sangat sulit? Bagaimana kita akan melakukannya?”

Itulah pendapat Ron-kun.

Aku sangat setuju dengannya.

Tanah tak tergarap sangatlah sulit untuk dimulai. Karena akar tumbuh-tumbuhan meregang di sekitar, mengeluarkannya akan menjadi kerja keras.

Untuk semua anak, ini pada tingkat yang akan berakibat fatal.

Selain itu, di antara anak-anak yang bisa bermanfaat, hanya ada enam orang termasuk aku yang berusia 10 tahun atau lebih.

Ini akan sembrono.



Tapi lebih baik daripada tidak melakukan apapun.



“Kuberitahu padamu ini mustahil. Ayo berhenti saja.”

Roswald berkomentar tanpa ekspresi sambil merentangkan kakinya.

Dan kemudian menatapku.

“Aku tidak yakin kalau apa yang orang ini katakan itu baik. Bukankah begitu, Tetra?”

“......Di sisi lain, hanya ada pertanian untuk mendapatkan persediaan makanan yang stabil.“

Tetra sepertinya setuju dengan pendapatku.



“Menurutmu bagaimana, Gram?”

“Eh!? Ehm, itu...... aku tidak tahu.”

Gram memiliki ekspresi takut.

Oh yah, wajar saja dia tidak mengetahuinya. Dia hanyalah anak kecil.



“Jadi, bagaimana kita bisa menggarap tanah?”

“Kita perlu membeli beberapa alat bertani besi. Jika kita memilikinya, kurasa itu akan sangat mudah. ​“

“Beli? Apa yang kamu maksud dengan membeli?”

Ah...... Mereka tidak tahu mata uang. Kalau begitu itu adalah kata yang salah untuk digunakan.



“Artinya, kita harus menukar sesuatu untuk alat bertani.”

“Jika ada sesuatu untuk ditukar untuk alat bertani, pastinya sudah lama ada di perutku. Dasar idiot.”

Roswald-kun, itu adalah komentar kasar. Oi, hanya orang bodoh yang bisa memanggil orang lain bodoh.



“Ada sesuatu yang bisa kita gunakan untuk ditukarkan. Sayangnya, kau tidak bisa memakannya.”

Kelima orang itu tercengang mendengar kata-kataku. Betapa imutnya



“Hei, aku sudah membawanya.”

Aku mendengar suara Griffon. Sepertinya dia bisa membawa sasarannya.



“Terima kasih banyak. Dengan ini, entah bagaimana kita bisa atur.”

Aku menerima sejumlah besar pedang dan tombak dari Griffon. 70% terbuat dari besi, dan 30% terbuat dari perunggu.



Semua senjata ini berasal dari orang-orang pemberani yang mencoba mengalahkan Griffon. Ini telah berkarat karena terpapar, tapi ini masih logam berharga



“Aku tidak terlalu keberatan. Taring dan kuku tidak diperlukan untuk diriku. Itu tidak mudah kembali ke tanah, dan aku khawatir itu akan mengotori tempat. Cepat buang benda-benda itu. Sekarang, masih ada jumlah yang tersisa.”

Griffon terbang menjauh seperti yang dikatakannya.

Rasa nilai manusia sangat berbeda dari binatang.



“Apakah─̶─apakah kita akan berperang?”

“Ini berbeda.”

Aku menegur ucapan Gram-kun. Maksudku, Gram-kun, imajinasimu agak radikal.

Meskipun kau pengecut.



“Tentunya ini akan membuat kita kuat, tapi tidak mungkin anak-anak mengalahkan orang dewasa. Bahkan jika seorang anak memiliki senjata untuk diayunkan, mereka masih bisa dikalahkan oleh orang dewasa tanpa senjata.”

Sudah jelas siapa yang akan memenangkan pertandingan antara orang dewasa dan anak-anak. Jangan bertindak begitu gegabah. Bahkan jika kau berada di pintu kematian karena kelaparan.



“Apakah kita akan menukarnya untuk alat bertani besi?”

“Seperti yang kamu bilang, Tetra-chan!”

Aku akan menepuk kepala Tetra tapi dia kabur. Onii-san sedih karenanya.



“Bukankah sebaiknya kita menukarnya dengan makanan?”

Tetra-chan menjawab pertanyaan Ron-kun.

“Jika kau hanya membeli makanan. Kita tidak bisa mengamankan persediaan makanan yang stabil.”

“Ah, begitu?”

Ron-kun cepat mundur. Ron-kun yang patuh adalah Ron-kun yang baik.



“Tapi bagaimana kita bisa dengan mudah menggali tanah dengan hanya alat bertani besi? Tanah di sini sangat keras.”

Tetra-chan mengatakannya.

“Kita akan mencari tempat dengan tanah lunak. Kasus terburuk, kita harus mempekerjakan orang dewasa. Tapi mungkin sia-sia karena mereka mungkin tidak mau membantu kita berdasarkan kondisi yang kita tetapkan.”

Menggunakan otoritas Griffon-sama akan lebih baik.

Meski begitu, ini hanya akan digunakan sebagai upaya terakhir.



Ada cara lain untuk Griffon itu sendiri membantuku.

Menukarkan pedang besi untuk makanan hanya akan menunda hal yang tak terelakkan.



Untuk saat ini, diskusi telah selesai untuk menukar senjata ini untuk alat bertani seperti yang direncanakan.



Tidak ada yang keberatan.

Oh nah, aku akan bermasalah jika ada yang keberatan karena aku tidak punya rencana alternatif.



“Sekarang masalahnya adalah kemana harus menukarkannya......Apakah ada orang yang tahu geografi di sekitar sini?”

Aku menatap Ron-kun saat aku mengatakannya. Ron-kun menggelengkan kepalanya dengan kecepatan yang luar biasa.

“Tidak mungkin. Aku tidak tahu desa terdekat satupu. Soyon?”

“Maaf......Aku juga tidak tahu.”



“Roswald-kun?”

“Eh!? Aku......itu......aku tahu tapi aku tidak terlalu tahu......”

“Dengan kata lain, kamu tidak tahu. Gram-kun?”

“Aku─̶─, aku─̶─, aku─̶─, aku─̶─, aku minta maaf......”



Oh nah, mau bagaimana lagi. Tingkat budaya mereka berada pada level yang tidak mengenal mata uang. Tidak mungkin bagi anak petani mengetahui apa yang ada di luar desanya......



“Tetra-chan?”

“Aku tahu.”

Kurasa begitulah......Eh!?



“Kamu tahu?”

“Sedikit.”

Dan begitulah Tetra-chan memberitahuku daerah sekitar hutan.



Tampaknya nama hutan itu adalah Hutan Romano.

Di sisi timur hutan, ada negara yang diperintah oleh Raja Rosaith. Negara besar di barat laut diperintah oleh Raja Gilberd. Negara besar di timur laut diperintah oleh Raja Domorgal. Dan di sisi utara negara yang dipimpin oleh Raja Gilberd dan Raja Domorgal, adalah negara yang diperintah oleh Raja Faludam.



“Negara yang diperintah oleh Raja Rosaith tidak sebesar itu. mereka tidak memiliki alat bertani besi yang tepat, dan mereka tidak memiliki banyak senjata besi. Kurasa akan ada alat bertani di negara yang diperintah oleh Raja Domorugal dan Raja Gilberd karena mereka adalah negara-negara yang cukup besar. Karena saat ini ada situasi kelaparan, ini adalah alasan bagi kedua negara yang dipimpin oleh Raja Gilberd dan Raja Domorgal untuk berperang melawan negara Raja Faludam.”

“Aku mngerti. Dengan kata lain, sekarang adalah waktu terbaik. Sebaliknya, jika kita tidak pergi dengan cepat, alat bertani tersebut akan dilebur dan diubah menjadi senjata. Kita harus cepat.”



Kenapa kau tahu banyak? Aku ingin mendengar dari mana asalnya, tapi sekarang bukan waktunya. Akan kasar jika aku menyentuhnya meski tidak begitu dekat dengannya. Jika kita bisa berada dalam kondisi yang lebih bersahabat maka akan baik-baik saja.



“Karena aku orang dewasa......”

Tetra-chan menatapku dan berkata,

“Hanya mengambil semua senjata, bagaimana kita akan melakukannya?”



Hmm, dia ada benarnya. Orang dewasa tidak akan langsung berbicara dengan anak-anak segera. Ini berbeda pada masa damai, tapi lebih dari itu, sekarang dalam keadaan darurat. Penting untuk memenangkan perang, tapi juga penting untuk panen berikutnya melimpah. Mereka tidak akan dengan mudah menukar alat bertani.



“Jangan khawatir, aku sudah memikirkannya baik-baik. Aku akan menggunakan ini.”

Aku menunjukkan kepada mereka berlima sebuah bulu besar. Itu adalah bulu emas mengkilap yang indah.

“Itu─̶─, bukankah itu dari Griffon-sama?”

Suara Gram terdengar gemetar.

“Ka, kau, apakah kau mencurinya!”

Roswald berteriak.

Tidak sopan jika mengatakan aku mencurinya. Aku hanya mengambil apa yang jatuh.



“Apa yang akan kau lakukan dengan bulu itu?”

Soyon memiringkan kepalanya dalam kebingungan saat dia bertanya. Soyon-chan, kamu yang terbaik karena kamu patuh dan imut.

“Kita akan menunjukkan ini kepada mereka sebagai utusan Griffon-sama!! Itu tidak akan menjadi masalah, bukan?”

“Apakah murka surga akan turun ke atas kita?”

Ron-kun bertanya dengan cemas yang tertulis di sekujur wajahnya.

Meskipun Griffon memang luar biasa, dia bukan Dewa. Murka surga tidak akan menimpa kita. Setidaknya, aku pikir begitu.

Tapi tampaknya anak-anak berpikiran berbeda. Kecuali Tetra-chan, ketiganya sangat cemas.

Ada perbedaan tentang nilai antara aku dan mereka karena perbedaan pengetahuan.



“Aku sudah meminta izin.”

Saat aku bilang begitu, mereka berempat menunjukkan ekspresi lega.

Griffon memang sangat menakutkan, tapi kurasa tidak ada yang perlu ditakuti.

Entah itu atau ini, itu masih merepotkan.



“Kalau begitu, kita harus segera pergi. Untuk saat ini, kita akan menukarkan 10 pedang besi dan 6 pedang perunggu dari tempat ini. Akan merepotkan dalam kasus darurat jika kita menukar semuanya sekarang.”

Untuk saat ini, kami akan menukarnya sebanyak ini.

Sangat penting untuk segera memiliki alat bertani, tapi ada satu hal penting lainnya.



“Akan berbahaya jika kita semua pergi. Jadi aku ingin satu orang untuk pergi denganku!”

Gram dan Roswald mengangkat tangan saat aku berkata begitu.



“Baiklah, ayo pergi Tetra-chan!”

Aku meraih tangan Tetra-chan. Tetra-chan tampak bingung

“Aku tidak mengangkat tanganku.”

“Apa yang kamu katakan? Selain kamu, tidak ada orang di sini yang tahu geografi sekitar. Kamu dipaksa untuk bergabung!”

Saat aku bilang begitu, Tetra-chan menghela napas panjang.




“Kami ingin menukarkan ini.”

Kepala desa terlihat curiga dari kata-kataku.

Mereka akan curiga kepada anak yang tiba-tiba memperkenalkan dirinya sebagai utusan Griffon dan ingin menukar pedang besi dan perunggu untuk alat bertani besi.

Aku dapat memahami perasaan mereka.



Kepala desa melihat pedang dan bulu Griffon secara bergantian.

Sepertinya dia bermasalah.



“Kepala Desa! Aku membawa pandai besi!”

Dua orang berlari ke arah kami.

Salah satu dari mereka mulai memeriksa pedangnya dengan dekat.

Orang yang kupercaya sebagai pandai besi menunjukkan wajah terkejut.

Semua pedang ini dibawa oleh orang-orang untuk langsung mengalahkan Griffon. Sudah berkarat tapi pedangnya masih bagus.

Apakah bisa ditukar dengan alat bertani? Apakah ini akan jadi perdagangan yang murah?



“Apa yang kamu inginkan?”

“Coba kulihat, 10 bajak, tiga beliung, dan mungkin sekitar delapan sabit adalah apa yang ingin kutukar.”

Meskipun mereka disebut alat pertanian besi, hanya ujungnya dimana zat besi digunakan. Dibandingkan dengan pedang besi yang kami bawa, selain gagangnya, semuanya terbuat dari besi.

Kami mungkin bisa menuntut lebih banyak dari jumlah besi, tapi kami hanya anak-anak di sini.

Kami hanya bisa menuntut tepat di bawah apa yang sebenarnya kuinginkan.



Sebagai hasil dari benar-benar bermasalah, dia setuju dengan pertukarannya.



Meski begitu, ini adalah perdagangan yang bagus karena semua alat bertani besi akan ditukar untuk senjata saat situasi perang berubah menjadi yang terburuk. Untuk tempat itu juga.



Kami mengisyaratkan bahwa kami mungkin akan datang untuk barter lagi beberapa waktu kemudian dan meninggalkan tempat itu.

─̶─Chapter 4 END─̶─


Prev | ToC | Next